Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Republik Indonesia

Biro Sumber Daya Manusia

Biro SDM

Jalan Sehat Hakteknas 2017

Menyambut peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2017, Biro Sumber Daya Manusia sebagai salah satu pelaksana kegiatan Side Event menggelar jalan sehat pada hari Minggu, 6 Agustus 2017 di Makassar yang diikuti sekitar 22 ribu peserta yang berasal dari kalangan civitas akademika kampus PTN di Makassar (Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Politeknik Negeri Media Kreatif dan PTS Kota Makassar (Perwakilan dari Kopertis Wilayah IX) serta dari kalangan masyarakat umum. Selain itu hadir pula Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas), Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor Universitas Negeri Makassar, Husain Syam, Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Andi Niartingsih, serta sejumlah pejabat eselon I dan II di jajaran Kemristekdikti.

Jalan sehat ini dilepas langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, didampingi Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo, Walikota Makassar, Danny Pamanto, serta Ketua Panitia Hakteknas 2017, Jumain Appe.ditandai dengan mengibaskan bendera start dan iringan drumband dari Politeknik Maritim Ami Makassar.

Para peserta Jalan Sehat, yang dimulai pukul 07.00 WITA, menempuh jarak sekitar 3,4 kilometer, dengan start di Monumen Mandala, Jl Jenderal Sudirman - Jl Karunrung - Jl Arif Rate - Jl Haji Bau - Jl Rajawali - Jl Penghibur dan finish di Anjungan Losari. Di sepanjang area Makassar CFD, Menteri Ristekdikti bersama seluruh peserta jalan sehat juga melihat langsung produk inovasi teknologi dimulai dari Yayasan Puangrimaggalatung Sengkang, Universitas Hasanudin, Universitas Negeri Makassar, Politeknik Negeri Ujung Panjang, STIPA, STIMIK Handayani, Universitas Sawerigading, PP Iptek Jakarta, PT Pindad, Badan Standardisasi Nasional, Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Politeknik Negeri Media Kreatif, dan Komunitas yang ada di Kota Makassar.

Dirjen Penguatan Inovasi, Jumain Appe, yang juga Ketua Panitia Pelaksana Hakteknas ke-22 dalam siaran persnya menyebutkan, produk inovasi teknologi yang dipamerkan di antaranya; robot tari (Poltek Ujung Pandang), sepeda motor listrik roda tiga (UNM), tanam serentak teknologi IPAT-BO, produk cokolat dan kopi (Unhas), robot pemadam api (STIMIK Handayani), alat terapi micrococontroler (Universitas Sawerigading), roket air dan demo sains (PP Iptek), demo statis Panser Anoa (PT Pindad, serta alat peraga radiasi (Bappeten).

Sepanjang rute jalan Jalan Sehat dimeriahkan stand komunitas, antara lain Makassar Go community, Shot Photography Scool, Earth Hour Makassar, Komunitas Sepeda Tua Zona Scooter, Komunitas Drone Makassar dan Bank Mandiri serta Teh Sosro selaku mitra Jalan Sehat Hakteknas 2017.

Tim Pelaksana Jalan Sehat 2017 dibawah komando Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan jajaran pada Bagian Sistem Informasi dan Kinerja Biro Sumber Daya Manusia bersama dengan Tim dari Ditjen Penguatan Inovasi berharap agar Hakteknas semakin berkesan di hati masyarakat. Sampai Jumpa di Pekanbaru, Riau.

Photos


JalanSehatHakteknas Hakteknas22 Hakteknas2017

Views: 103