Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Republik Indonesia

Biro Sumber Daya Manusia

Biro SDM

​Kegiatan Manajemen Talenta di lingkungan Unit Utama Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Kegiatan manajemen talenta di lingkungan Unit Utama Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 21 Desember 2017 bertempat di Century Park Hotel, Jl. Pintu I Senayan Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 17 peserta, terdiri dari Pejabat Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, dan Pejabat Pengawas di lingkungan unit utama Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi . Kegiatan manajemen talenta batch I diselenggarakan oleh Biro Sumber Daya Manusia bekerja sama dengan PT Dharma Bidadara Adi Mulya sebagai konsultan penyelenggara.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan sekaligus arahan oleh Kepala Biro Sumber Daya Manusia, Ari Hendrarto Saleh. Dalam arahannya, Kepala Biro Sumber Daya Manusia menyampaikan bahwa manajemen talenta merupakan tindak lanjut dari kegiatan assessment yang telah dilaksanakan sebelumnya. Tujuan manajemen talenta adalah untuk mendapatkan kandidat-kandidat berkompeten yang akan dipersiapkan untuk mengisi jabatan yang lebih tinggi apabila terjadi kekosongan pada jabatan tersebut.

Selain itu, kegiatan manajemen talenta juga merupakan kegiatan penunjang dalam rangka reformasi birokrasi dan dapat dijadikan pertimbangan dalam pengusulan kenaikan tunjangan kinerja di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kegiatan selanjutnya dipandu oleh Bapak Benjamin Adi Mulya selaku Direktur PT Dharma Bidaara Adi Mulya. Instrumen tes yang digunakan yaitu instrumen tes yang bertujuan untuk menggali minat dan bakat peserta manajemen talenta jika dihubungkan dengan jabatan yang diduduki saat ini, serta potensi untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Harapan dari terselenggaranya manajemen talenta ini adalah mendapatkan “the right man on the right place” dimana jabatan yang tersedia diduduki oleh orang-orang yang sesuai, berkompeten dan memiliki willingness yang tinggi pada jabatan tersebut sehingga tujuan organisasi dapat tercapai secara maksimal.

Photos


Views: 1404