Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Republik Indonesia

Biro Sumber Daya Manusia

Biro SDM

Pelantikan Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri dan Sekretaris Pelaksana Kopertis

Pada hari Rabu, tanggal 4 Oktober 2017, bertempat di Auditorium Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melantik pemimpin perguruan tinggi negeri dan sekretaris pelaksana Kopertis Wilayah XII periode Tahun 2017-2021, yaitu:

Dalam sambutannya, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyatakan bahwa di dalam world economic forum, global competitiveness index kita di tahun 2015 berada di angka 37 dari 138 negara, di tahun 2016 turun ke posisi 41, namun di tahun 2017 meningkat di angka 36. Apakah kita tidak bisa mendekati angka 32 atau 30? Satu-satunya cara yang harus ditempuh yaitu dengan meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Khusus di universitas, harus meningkatkan publikasi karya ilmiah. Jumlah publikasi kita pada tahun 2014 berjumlah 4200, sementara Thailand berjumlah 9500. Kita sangat jauh sekali tertinggal. Memang ada beberapa regulasi yang menghambat, dan sudah saya perbaiki yaitu yang menyangkut biaya research. Pada tanggal 2 OKtober 2017 data di Scopus, publikasi kita sudah mencapai 12.000 dan Thailand 10.800. Selain hal tersebut, pada pendidikan vokasi harus bisa menghasilkan tenaga kerja berdasarkan KKNI yang telah ditetapkan. Prodi-prodi di Politeknik harus mendapatkan sertifikat kompetensi.

Era saat ini adalah era yang sangat dipengaruhi oleh teknologi informasi, jangan sampai regulasi-regulasi di perguruan tinggi menghambat proses pembelajaran yang ada di dalamnya. Jangan membuat sistem menjadi sulit, jangan membuat suatu aturan yang membuat perguruan tinggi tidak bisa bergerak secara cepat. Demikian pula Sekretaris Pelaksana Kopertis, harus mengkoordinasi perguruan tinggi swasta di wilayahnya agar perguruan tinggi swasta bisa bekerja lebih baik untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.

Photos


Views: 510