Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Republik Indonesia

Biro Sumber Daya Manusia

Biro SDM

Pelantikan Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri dan Koordinator Kopertis di lingkungan Kemenristekdikti

Pada hari Kamis, tanggal 3 Mei 2018, bertempat di Auditorium Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, telah dilaksanakan Pelantikan Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri dan Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melantik Prof. Dr. Ir. H. Rudi Priyadi, M.S. sebagai Rektor Universitas Siliwangi, Prof. Dr. Ir. Suwarto, M.S. sebagai Rektor Universitas Jenderal Soedirman dan Prof. Dr. Faisal, S.H., M.Hum. sebagai Koordinator Kopertis Wilayah XIII Aceh untuk untuk mengemban tugas pada periode tahun 2018-2022. Acara tersebut dihadiri oleh Pejabat Eselon I dan II di lingkungan Kemenristekdikti, serta perwakilan dari masing-masing unit kerja yang dilantik.

Dalam sambutannya, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berpesan bahwa Jabatan merupakan amanah yang harus dilaksanakan dengan baik melalui penerapan tata kelola Universitas yang baik. Perubahan situasi dan perkembangan teknologi yang begitu cepat akan mempengaruhi iklim yang ada di perguruan tinggi, termasuk dalam hal tata kelola dan sistim pembelajaran. Perguruan tinggi harus dibina dengan baik dengan memperbaiki sistem akademik. Selain itu, para stakeholder di lingkungan pendidikan tinggi dapat dibina dengan baik sehingga dapat meningkatkan mutu perguruan tinggi, kualitas lulusan, kualitas birokrasi maupun kualitas pelayanan publik. Ciri tata kelola yang baik di perguruan tinggi memiliki 4 (empat) elemen utama yang harus dilakukan, yaitu transparansi, terciptanya transparansi di lingkungan perguruan tinggi, selanjutnya fairness, jujur kepada siapapun dan tidak berpihak, ketiga adalah accountability, hendaknya apapun yang dikerjakan dikemudian hari dapat dipertanggungjawabkan dan yang terakhir responsibility, dapat bertanggung jawab terhadap yang sudah di kerjakan.

Selanjutnya, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mendorong agar instansi pusat Kemenristekdikti maupun perguruan tinggi dan Kopertis untuk senantiasa melakukan reformasi birokrasi sehingga dapat terwujud pelayanan yang prima baik kepada publik internal maupun eksternal sehingga para stakeholder mendapat layanan yang baik dan optimal dari institusi pendidikan tinggi dan mengurangi keluhan terhadap kualitas layanan publik yang ada.

Rektor maupun Koordinator yang baru dilantik diharapkan senantiasa berkoordinasi dengan Kementerian agar seluruh program dan kebijakan yang dicanangkan oleh Kemenristekdikti dapat dijalankan secara optimal sampai ke tingkat dasar.

Bagi Koordinator Kopertis yang baru saja dilantik diharapkan selalu membina perguruan tinggi swasta di wilayahnya, proses pembelajaran di perguruan tinggi swasta harus dibina dengan baik, jangan sampai konflik dibiarkan terus menerus, perlu ada pendampingan untuk perguruan tinggi yang sehat.

Photos


Views: 1554