Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Republik Indonesia

Biro Sumber Daya Manusia

Biro SDM

Pelantikan Rektor, Direktur Politeknik, dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi.

Pada hari Jumat, tanggal 26 Oktober 2018, bertempat di Auditorium Gedung D Lantai 2 Kemenristekdikti, telah dilaksanakan upacara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi. Para Pejabat yang dilantik adalah sebagai berikut:

Dalam sambutannya, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyampaikan bahwa Rektor, Direktur dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi diharapkan lebih kreatif dalam melakukan perubahan di unit kerjanya masing-masing untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0.Inovasi menjadi tulang punggung untuk memenangkan persaingan global. Perlu dilakukan penguatan lembaga melalui penguatan inovasi di lingkungan Perguruan Tinggi.

Publikasi Indonesia pada tahun 2014 berjumlah 5250, Thailand berjumlah 1900, Singapura berjumlah 18.000, dan Malaysia berjumlah 28.000. Indonesia dalam 20 tahun terakhir tidak pernah mampu mengalahkan negara-negara tersebut karena mayoritas dosen masih berfokus pada mengajar dan tidak banyak menciptakan inovasi. Karena Inovasi dapat tercipta melalui riset, maka publikasi menjadi sangat penting. Pada saat ini jumlah publikasi Malaysia berjumlah 24.000, Singapura 17.600, Thailand 13.200 dan Indonesia 22.222. Jumlah tersebut menunjukkan bahwa saat ini Indonesia menempati ranking 2 dengan jumlah publikasi terbanyak di Asia Tenggara.

Kepada para Rektor, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berpesan untuk terus meningkatkan jumlah publikasi kepada pada dekan.

Kepada para Direktur Politeknik, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berpesan untuk meningkatkan inovasi di masing-masing prodi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0.

Kepada para Ketua Lembaga, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berpesan untuk menjaga, mengarahkan dan membimbing Perguruan Tinggi Swasta di bawah koordinasinya dan mencegah konflik-konflik yang akan timbul.

Dalam World Economic Forum, dapat dilihat data Global Competitiveness negara-negara ASEAN dimana Singapura berada di peringkat 3, Malaysia di peringkat 23, Thailand di peringkat 32 dan Indonesia berada di peringkat 36 dari 137 negara. Pendidikan Tinggi dan Training di Pendidikan Vokasi, ciptakan lulusan yang berkualitas, memiliki kompetensi yang baik dan siap digunakan dalam dunia kerja. Perlu dilakukan kerja sama dengan Perguruan Tinggi asing dengan cara mengimplementasikan MoU Staff Mobility, Student Mobility, Joint Research, ataupun Joint Publication.

Rektor, Direktur, dan Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi diharapkan mampu menciptakan Good University Governance dengan cara mengimplementasikan transparansi, awareness, accountability, dan Responsibility. Semoga amanah yang begitu berat dapat dilaksanakan dengan baik dan amanah.

Sebagai penutup, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mengucapkan terima kasih kepada para Rektor dan Direktur terdahulu, semoga program yang baik dapat diteruskan oleh pemimpin yang baru agar tercipta kepemimpinan yang berkelanjutan.

Photos


Views: 685