Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Republik Indonesia

Biro Sumber Daya Manusia

Biro SDM

Pelantikan Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Direktur Politeknik Negeri

Pada hari Selasa, tanggal 5 Desember 2017, bertempat di Auditorium Gedung D Lantai 2 Kemenristekdikti, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melantik Prof. Ir. Fredrik Lukas Benu, M.Si., Ph.D. sebagai Rektor Universitas Nusa Cendana, Surfa Yondri, S.T., S.ST., M.Kom. sebagai Direktur Politeknik Negeri Padang, dan Dr. Eng. Son Kuswadi sebagai Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi.

Dalam acara pelantikan ini, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berpesan bahwa era saat ini adalah era persaingan yang sangat hebat, sehingga harus dibuat bagaimana lembaga dapat bersaing dengan cepat. Good governance harus kita lakukan bersama-sama karena pendidikan harus bisa bergerak lebih cepat.

Khusus kepada Rektor, tugas yang harus dilakukan adalah pengembangan akademik yang berkualitas. Para Wakil Rektor, Dekan, dan Wakil Dekan diharapkan bisa mendorong Universitas Nusa Cendana kedepan menjadi lebih baik dan berkualitas. Minimal mendapat akreditasi A dan juga kemudian harus bisa mendapat akreditasi ditingkat internasional.

Demikikan juga pada Politeknik, bagaimana menyiapkan sumber daya yang mempunyai kemampuan dalam pendidikan vokasi. Tidak cukup lulusan yang dihasilkan politeknik atau vokasi hanya mendapatkan ijazah saja. Harus dikembangkan potensi masing-masing program studi dan ada sertifikasi kompetensi. Sehingga dosen-dosennya tidak cukup hanya dari akademisi saja, tetapi juga harus melibatkan industri dalam bidang-bidang yang terkait. Agar mahasiswa mendapat kemampuan akademik yang baik dan profesional sesuai bidang kompetensinya. Sehingga lulusan politeknik ke depan mendapatkan ijazah dan sertifikat kompetensi.

Di dalam mengelola sebuah lembaga, yang penting adalah bagaimana menciptakan good university governance atau tata kelola universitas yang baik. Dalam tata kelola universitas yang baik, harus ada tranparansi, akuntabilitas, dan responsibilitas. Komponen-komponen dalam good governance ini harus dicermati dalam mengelola lembaga.

Photos


Views: 407