Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Republik Indonesia

Biro Sumber Daya Manusia

Biro SDM

Pelantikan Rektor Universitas Halu Oleo dan Universitas Musamus

Pada hari Selasa, tanggal 18 Juli 2017 telah dilakukan acara pelantikan Rektor Universitas Halu Oleo dan Universitas Musamus Merauke. Bertempat di Auditorium Gedung D Lantai 2, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melantik Dr. Muhammad Zamrun F., S.Si., M.Si., M.Sc. sebagai Rektor Universitas Halu Oleo dan Dr. Philipus Betaubun, S.T., M.T. sebagai Rektor Universitas Musamus periode Tahun 2017 s.d. 2021.

Acara pelantikan dihadiri juga oleh Pejabat Pimpinan Madya dan Pejabat Pimpinan Pratama di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Bupati Merauke, beserta tamu undangan lainnya. Dalam sambutannya, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berpesan bahwa Pendidikan tinggi memiliki peranan yang penting dalam masyarakat berkembang. Pendidikan tinggi merupakan landasan penting dalam meningkatkan sosial ekonomi masyarakat. Karena sejatinya tugas pendidikan tinggi adalah mengembangkan pengetahuan dan bahkan menemukan ilmu pengetahuan untuk menjawab tantangan masyarakat saat ini dan mungkin juga yang akan datang. Tugas ini akan lebih cepat jika perguruan tinggi dapat membangun budaya riset.

Tidak ada inovasi tanpa adanya proses riset, karena itu, perlu ditekankan akan pentingnya riset, invensi, dan inovasi di perguruan tinggi. Sehingga tercipta perguruan tinggi berbasis riset dan berbudaya riset. Keunggulan suatu bangsa dapat dilihat dari hasil-hasil inovasinya. Sebagai elemen bangsa, kita memiliki kewajiban untuk mendorong terciptanya inovasi yang mampu menjawab tantangan yang dihadapi bangsa dan mendukung daya saing bangsa.

Dengan terciptanya Perguruan Tinggi berbasis riset dan berbudaya riset, maka tugas perguruan tinggi dalam menyemai nilai-nilai moral dan intelektual akan lebih mudah. Tanggung jawab pelaksanaan Tridarma pendidikan tinggi akan lebih ringan untuk ditunaikan. Publikasi akan meningkat, paten akan lebih banyak dihasilkan, nama institusi akan harum, serta politik praktis dapat diminimalkan. Selain itu, perlu ditingkatkan pula hilirisasi dan komersialisasi hasil-hasil riset perguruan tinggi ke masyarakat dan dunia usaha.

Perguruan tinggi sebagai institusi tertinggi dalam pendidikan harus dikawal dengan manajemen yang baik, penuh integritas, profesionalitas, inovasi, tanggungjawab, dan keteladanan. Sebagai agen perubahan, saya berharap Universitas Halu Oleo dan Universitas Musamus Merauke mampu menyematkan nilai dan etika serta bertindak sebagai penyelamat bangsa. Beri suri-tauladan yang baik, jaga keutuhan NKRI, serta bebaskan kampus dari paham radikalisme, terorisme, dan narkoba.

Tingkatkan etika akademik, sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi, tranparansi dan akuntabilitas, serta laksanakan semua administrasi sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku.

Photos


Views: 280