Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Republik Indonesia

Biro Sumber Daya Manusia

Biro SDM

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pemimpin PTN dan JPT Pratama di Lingkungan Kemenristekdikti

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir melantik 6 (enam) orang pejabat Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri dan Pimpinan Tinggi Pratama, yaitu Inspektur I Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti, Kepala Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jenderal Kemenristekdikti, Rektor Universitas Negeri Medan, Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II, dan Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX pada Kamis (29/8) di Auditorium Lantai 2 Gedung D Kemenristekdikti di Jakarta.

Sebagaimana disampaikan Menristekdikti dalam setiap pelantikan, bahwa jabatan adalah sebuah amanah, sehingga para pejabat yang dilantik diharapkan dapat mengemban amanah dengan sebaik-baiknya, bukan memanfaatkan kesempatan dari jabatan yang baru diemban, tetapi melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing.

“Untuk itu para rektor yang dilantik, Kepala Biro yang dilantik, dan Inspektur I maupun Sekretaris Lembaga, ini akan melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya untuk meningkatkan kinerjanya dibawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Maka yang menjadi sangat penting adalah bagaimana kita menciptakan good governance, tata kelola pemerintahan yang baik, dimana tata kelola pemerintahan yang baik adalah masalah transparency, awareness, countability, dan responsibility. Ini hal yang menjadi sangat penting bagi kita semuanya”, ungkap Menristekdikti dalam sambutan.

Menristekdikti menekankan kepada para pejabat baru untuk meningkatkan kinerja dan menyelesaikan permasalahan di unit kerja masing-masing. Rektor diharapkan untuk dapat meningkatkan publikasi terindeks scopus serta meningkatkan akreditasi perguruan tinggi dan program studi di bawahnya. Dalam bidang Inspektorat, Menristekdikti mengharapkan pejabat baru untuk melakukan evaluasi terhadap kesesuaian pengawasan yang sudah dilakukan oleh Kementerian dan rekomendasi yang telah dilakukan. Bagi pejabat baru Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Menristekdikti berpesan untuk menyelesaikan tantangan mengenai banyaknya produk hukum yang tumpang tindih agar lebih disederhanakan. Menristekdikti juga berpesan kepada Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi untuk selalu bertanggungjawab dalam pelaksanaan tugas dan membangun koordinasi yang baik dengan Kepala Lembaga.

Selanjutnya Menristekdikti Mohamad Nasir juga mendorong adaptasi dengan perkembangan global yang dinamis, yaitu era revolusi industri 4.0 yang dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

“Kalau bisa kita lakukan secara online, lakukan online. Kalau itu bisa dipermudah mengapa dipersulit. Kalau itu sulit maka bagaimana cara untuk mempermudah, yang penting governance harus dijaga, kepatuhan, comply terhadap aturan, prosedur atau semua yang ditetapkan, dan pembuktian dilakukan secara benar bukan karena keinginan dari pemeriksa tapi betul-betul menunjukkan kinerja yang baik”, tutur Menristekdikti.

Berikut enam pejabat yang dilantik pada hari ini adalah :

Photos


Pelantikan Rektor JPT

Views: 236
Segala Bentuk Pelayanan Atau Urusan Di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Tidak Dipungut Biaya