Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi
Republik Indonesia

Biro Sumber Daya Manusia

Biro SDM

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pemimpin PTN di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir melantik 6 (enam) orang Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri pada Kamis (26/9) bertempat di Auditorium Lantai 2 Gedung D Kemenristekdikti di Jakarta. Adapun keenam pimpinan yang dilantik yaitu :

Sebagaimana disampaikan Menristekdikti dalam setiap pelantikan, bahwa jabatan adalah sebuah amanah yang harus dipertanggungjawabkan, sehingga para pejabat yang dilantik diharapkan dapat mengemban amanah tersebut dengan sebaik-baiknya dengan melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing.

“Apa yang harus Anda lakukan sebagai rektor dan direktur adalah menerapkan good university governance, tata kelola universitas yang baik. Ciri-cirinya ada empat yaitu transparency, awareness, countability, dan responsibility. Ini hal yang menjadi sangat penting”, ungkap Menristekdikti dalam sambutan.

Selanjutnya Menristekdikti Mohamad Nasir juga mendorong adaptasi dengan perkembangan global yang dinamis, yaitu era revolusi industri 4.0 yang dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

“Jangan bekerja business as usual, tetapi harus melakukan inovasi-inovasi dan kreativitas-kreativitas. Tidak bisa kita hanya berpangku tangan dan menyerahkan kepada para pembantu rektor, para dekan dan para pimpinan yang ada di bawahnya, Rektor dan direktur harus bertanggungjawab penuh untuk memajukan universitas dan politeknik”, tutur Menristekdikti.

Menristekdikti juga mengucapkan terima kasih kepada pejabat sebelumnya serta mengharapkan para pengganti untuk meneruskan program-program yang sudah baik dan memperbaiki kekurangan. Menristekdikti mendorong rektor dan direktur dalam peningkatan akreditasi, baik akreditasi dalam negeri maupun akreditasi internasional serta peningkatan jumlah publikasi jurnal yang dapat meningkatkan kualitas perguruan tinggi sehingga perguruan tinggi Indonesia juga mampu bersaing di kelas global.

Disamping masalah governance, Menristekdikti juga mengingatkan pentingnya memelihara empat pilar kebangsaan yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila sebagai Ideologi Negara Republik Indonesia, UUD 1945 sebagai dasar negara, dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Bertindak sebagai saksi pada pelantikan adalah Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ainun Na’im dan Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ali Ghufron Mukti. Selain dihadiri oleh pejabat eselon I dan eselon II Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, pejabat perguruan tinggi, pejabat sebelumnya, dan pendamping yang terlantik, hadir pula Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dan Anggota DPR RI Komisi VII, Fadel Muhammad Alhaddar.

Photos


Pelantikan Rektor Pengambilan Sumpah

Views: 256
Segala Bentuk Pelayanan Atau Urusan Di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Tidak Dipungut Biaya